Mengenal Yazid bin Muawiyah


Beliau bernama Yazid bin Muawiyah bin Abi Sufyan Shakr bin Harb bin Umayyah. Pemimpin (amir) kaum mukminin. Kunyahnya adalah Abu Khalid Al Umawy.

Ayah beliau adalah sahabat Nabi yang memiliki banyak keutamaan, yaitu Muawiyah bin Abu Sufyan radhiyallahu ‘anhu.

Adapun kakek beliau adalah Abu Sufyan bin harb radhiyallahu ‘anhu dan neneknya adalah Hindun bin Utbah radhiyallahu ‘anha.

Sebelum datangnya hidayah islam, mereka merupakan tokoh qurays yang memerangi dakwah Nabi kita Muhammad bin Abdullah shalallahu alaihi wasallam.

Adapun Yazid di lahirkan pada tahun 25 H. Dibaiat sebagai khalifah ketika ayahnya masih hidup untuk kemudian memegang urusan pemerintahan sepeninggalnya.

Penobatannya sebagai penguasa ditegaskan lagi setelah ayahnya meninggal pada pertengahan bulan Rajab tahun 60 H. Kekuasaan beliau pegang sampai meninggal pada tanggal 14 Rabi’ul Awwal, 64 tahun setelah Rasulullah hijrah.

Beliau adalah orang pertama yang memerangi Konstantinopel pada tahun 49 H. Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

أول جيس يغزو مدينة قيصر مغفور لهم

Pasukan pertama yang memegang kota Kaisar adalah orang yang diampunkan (dosa-dosa) mereka.” HR. al-Bukhari)

Yazid telah meriwayatkan sejumlah hadis dari ayahnya dan telah meriwayatkan dari Yazid yaitu Kholid dan Abdul Malik bin Marwan.

Yazid disebutkan oleh Abu Zur’ah ad-Dimasyqi dalam kitabnya pada tingkatan tertinggi dari kalangan tabi’in, yang tingkatan ini berada tepat di bawah tingkatan sahabat.

Beliau adalah seorang yang pemurah, lemah-lembut, fasih berbahasa, pemberani dan seorang yang bagus pandangannya dalam hal pemerintahan. Namun beliau bukanlah orang yang tidak luput dari kesalahan dan dosa. Juga tidak luput dari perbuatan mengikuti hawa nafsu pada keadaan tertentu. Semoga Allah ta’ala memberikan ampunan kepada kita dan beliau.

Banyak hadis, riwayat, dan kisah-kisah berisi celaan terhadap Yazid rahimahullah dan pengkaburan kebaikan kehidupannya. Kebanyakan hadis, riwayat, dan kisah tersebut adalah kedustaan dan isu-isu yang dibuat oleh Syiah rafidhah dikarenakan kedengkian mereka terhadap Bani Umayyah dan juga terhadap sebagian sahabat radhiyallahu anhum.

Sebagian lainnya, sanadnya lemah dan tidak sah. Diantara periwayatan dusta mereka adalah tuduhan bahwa beliau adalah pemimpin khamr, meninggalkan salat, dan mabuk oleh pelampiasan syahwat yang diharamkan.

Muhammad bin Ali bin Hanafiyah (yang dikenal dengan Ibnul Hanafiyah) mempersaksikan keterlepasan diri Yazid dari perkara ini ketika orang-orang yang membangkang terhadapnya dari penduduk Madinah menuduhnya demikian.

Beliau mengatakan, “Aku tidak pernah melihat pada dirinya perkara yang kalian tuduhkan. Aku pernah berada di sisi-nya dan tinggal dekat dengannya. Maka yang aku lihat adalah dia seorang yang senantiasa menjaga salat, semangat melakukan amalan kebaikan, bertanya tentang fiqih, dan senantiasa berpegang dengan sunnah”.

Yazid bin Muawiyah diuji dengan 3 fitnah / huru-hara yang terjadi pada masa pemerintahannya. Ketiga fitnah ini dijadikan sebagai kesempatan emas oleh orang-orang yang dengki dari kalangan Syiah rafidhah dan selainnya sebagai bahan untuk memburukan pamornya dan pamor Bani Umayyah.

Juga sebagai bahan untuk mencela sebagian sahabat. Tiga fitnah diatas adalah 

  1. Pemberontakan yang dilakukan oleh Al Husein dan pembunuhan terhadapnya.
  2. Pemberontakan yang dilakukan oleh Penduduk Madinah, pembatalan baiat mereka, dan tragedi harrah.
  3. Pemberontakan yang dilakukan oleh Abdullah bin Az-Zubair dan pengepungan kota Mekkah .

Ketiga peristiwa diatas akan kita bahas secara singkat dengan harapan kebenaran yang akan tampak

***

Referensi bacaan : https://www.atsar.id/2019/09/biografi-yazid-bin-muawiyah.html/

One response to “Mengenal Yazid bin Muawiyah

  1. Ping balik: Mukjizat Nabi Muhammad (15) : Berita Pembebasan Konstantinopel | Abu Zahra Hanifa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s