7 Persamaan Khawarij & Syi’ah


Syeikh DR. Nashir bin Abdulkarim al-Aql hafizhahullâhu pernah menyatakan dalam kitab al-Khawârij, Awwal al-Firqah Fi Târîkh al-Islâm, hlm. 12,

Sebagian orang kadang tidak mengetahui bahwa Khawârij dan Syî’ah dulu munculnya pada satu waktu dan dari satu sumber, namun banyak dari pokok ajarannya dan visinya yang berbeda. Oleh karena keduanya ada kesamaan dalam beberapa hal dan berbeda dalan banyak hal lainnya“.

TUJUH PERSAMAAN KHAWARIJ DAN SYI’AH

Syaikh Nâshir al-Aql menyebut persamaan antara Khawârij dan Syî’ah. Khawârij dan Syî’ah sepakat dalam perkara berikut:

1). Sikap melampaui batas (al-ghuluw).

Khawârij dan syi’ah memiliki kesamaan dalam sikap melampaui batas dan berbeda dalam bentuknya saja. Sikap melampaui batas Khawârij ada pada sikap ekstrim dalam beragama, memvonis orang lain dan berlepas diri serta bersikap keras terhadap orang-orang yang menyelisihinya. Juga semua yang menjadi konsekwensi keyakinan mereka berupa penjatuhan vonis kafir, memberontak dan perang.

Sedangkan Syî’ah melampaui batas dalam masalah kultus individu. Mereka melampaui batas dalam mengkultuskan Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu , ahlul bait dan selain mereka.

2). Bodoh dan picik Semua Khawârij dan Syî’ah secara umum memiliki sifat bodoh dan picik.

Bukti yang paling tampak jelas yang mengisyaratkan kebodohan Khawârij adalah sikap mereka terhadap para Sahabat Radhiyalalhu anhum dan pemberontakan mereka terhadap imam dan jamaah kaum Muslimin.

Sementara bukti yang paling jelas yang menunjukkan kebodohan Syî’ah adalah sikap berlebihan mereka terhadap Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu , padahal beliau Radhiyallahu anhu berlepas diri dari perbuatan mereka dan telah menyiksa sebagian dari mereka.

3). Ilmu mereka dangkal pemahaman agama mereka lemah.

Karakter umumnya golongan Khawârij adalah terpedaya dengan ilmu mereka yang sedikit dan mereka tidak sabar dan tidak tekun untuk belajar dan memperdalam ilmu agama. Sedangkan Syî’ah tidak menuntut ilmu dari ahli ilmu dan tidak juga mengambilnya dari para imam Sunnah. Mayoritas sumber rujukan ilmu mereka dari para pendusta dan pemalsu hadits.

Kedua kelompok ini sama-sama secara umum tidak memiliki perhatian besar terhadap hadits dan sunah-sunnah kecuali yang sesuai dengan hawa nafsunya.

4). Jauh dari ajaran Rasûlullâh (as-sunnah) dan memberontak terhadap jamaah kaum Muslimin dan imam mereka

Khawârij menyelisihi jamaah kaum Muslimin dalam keyakinan  dan amal serta melakukan pemberontakan bersenjata dan berperang melawan imam kaum Muslimin.

Sedangkan Syî’ah juga menyelisihi jamaah Muslimin dalam keyakinan dan amal serta memandang bolehnya memberontak dengan senjata, akan tetapi dengan syarat imam Mahdi versi mereka telah keluar. Walaupun demikian mereka sangat cepat berpartisipasi dalam semua fitnah yang merugikan kaum Muslimin.

5). Tidak mengamalkan Hadits dan Atsar Salaf

Khawârij dan Syî’ah sama-sama tidak berpegang dengan as-sunnah yang shahih atau mayoritasnya kecuali yang menguatkan dan mendukung hawa nafsu mereka dan menjauhi atsar para salaf.

6). Rusaknya aqidah mereka mengenai Sahabat.

Khawârij mengkafirkan sebagian Sahabat seperti Ali, Utsmân, Mu’âwiyah, Abu Musa, Amru bin al-Âsh Radhiyallahu anhum, para Sahabat yang ikut perang Jamal dan Shiffin atau mayoritas mereka Radhiyallahu anhum dan mencela sebagian salaf dan merendahkan mereka.

Sedangkan Syi’ah rafidhah mengkafirkan seluruh Sahabat Radhiyallahu anhum dan tidak menyisakan kecuali sedikit saja dan mereka mencela semua salaf imam agama ini apalagi ahlussunnah.

7). Mengkafirkan kaum Muslimin yang menyelisihi mereka.

Khawârij dan Syi’ah sama-sama mengkafirkan kaum Muslimin yang menyelisihi mereka walaupun berbeda ketentuan dan sebab pengkafirannya berbeda pada setiap kelompok tersebut.

***

Selanjutnya : 12 Perbedaan Khawarij & Syi’ah

Selengkapnya dalam sumber : https://abuzahrahanifa.wordpress.com/2020/09/09/membandingkan-syiah-khawarij/

One response to “7 Persamaan Khawarij & Syi’ah

  1. Ping balik: 12 Perbedaan Khawarij & Syi’ah | Abu Zahra Hanifa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s